Saturday, May 2, 2015

Cara Membedakan Pelek Mobil Asli dengan Repilka

pelek mobil replika
Pelek replika
Pelek mobil sudah didesain menarik oleh pabriknya. Tapi terkadang pemilik mobil nggak puas dengan pelek bawaan mobilnya itu. Alhasil, peleknya pun diganti. Tapi jika ingin mengganti dengan pelek asli buatan Jepang, Eropa, atau Amerika terbentur dengan harga yang mahal. Mengganti dengan pelek replika jadi salah satu solusi. Harga pelek replika sendiri antara tiga sampai sepuluh kali lipat lebih murah dari harga pelek asli. Pada umumnya, negara terbanyak yang membuat pelek replika adalah Taiwan. Selain itu ada China, Malaysia, dan tentunya Indonesia sendiri. Walaupun peleknya tiruan, kualitasnya belum tentu jelek.

Beginilah perbedaan pelek asli dengan replika :

1.  Bahan material dan bobot

 

Material pelek mobil asli lebih ringan dari replika karena bahannya yang berbeda. Pelek asli umumnya dibuat dari aluminium alloy, titanium, atau magnesium. Sedangkan pelek replika lebih banyak kandungan bajanya.

2. Pelek asli lebih lentur

 

Karena bahan yang lebih ringan, pelek asli lebih lentur. Jadi nggak gampang retak karena begitu terkena benturan, peleknya akan balik ke bentuk semula.

3. Harga

 

Pelek replika jauh lebih murah daripada pelek asli. Perbedaan harganya mencapai 3-10 kali lipat.

4. Pelek asli menggunakan part number

 

Meskipun nggak semuanya, pelek mobil asli umumnya menggunakan part number. Terutama kalo pelek itu merupakan OEM (Original Eqiupment Manufacturing) dari pabrikan mobil.

5. Perbedaan Tulisan Merek

 

Jika memang punya banyak pengetahuan mengenai merek pelek mobil, akan lebih mudah membedakan antara pelek mobil yang asli dengan replika. Merek pelek dibuat berbeda antara asli dengan replika. Misalnya pelek Volk Rays, akan ditulis Yolk Rays.

6. Kejujuran Toko

 

Ada juga toko yang jujur mengatakan kalau pelek yang dijualnya adalah replika. Biasanya mereka juga menyediakan pelek asli. Walaupun pelek yang dijualnya adalah replika, mereka berani menjamin bahwa kualitas pelek yang dijualnya nggak kalah dengan yang asli.

Jika dilihat, memang lebih baik pakai yang asli. Tapi kalau dananya mepet, nggak ada salahnya pakai pelek replika. Toh ada pelek replika yang kualitasnya hampir sama dengan yang asli. Yang penting rawat baik-baik pelek itu. Pelek asli pun juga bisa cepat kusam dan rusak kalau nggak dijaga dengan baik.

No comments:

Post a Comment