Bemo |
Bemo itu sebetulnya singkatan dari becak motor. Diambil suku kata depannya menjadi singkatan. Bemo dihadirkan pemerintahan Soekarno pada tahun 1962 untuk menyambut Ganefo, olahraga akbar yang digadang-gadang menyaingi Olimpiade. Selain di Jakarta, bemo juga menyebar di kota-kota lain seperti Bogor, Bandung, Surabaya, Yogya, dan kota-kota besar lain. Terutama di Pulau Jawa.
Angkutan kota seperti ini juga disebut bemo |
Daihatsu Midget
Daihatsu Midget pada awalnya diciptakan sebagai mobil roda tiga pengangkut barang. Karena kecilnya, insinyur Daihatsu menamainya sebagai Midget (kerdil). Di Thailand, Daihatsu Midget juga digunakan sebagai angkutan umum pengangkut manusia yang disebut tuk-tuk.Berikut pengembangan Daihatsu Midget (wikipedia Indonesia):
1. Model DK
Model DK mulai dijual 1 Agustus 1957. Kemudi berbentuk stang seperti sepeda motor. Ruang pengemudi dan ruang muatan memiliki atap dari kanvas. Ruang pengemudi tidak berpintu. Panjang keseluruhan: 2.540 mm, lebar keseluruhan: 1.200 mm, tinggi keseluruhan: 1.500 mm. Penumpang maksimum 1 orang. Mesin tipe ZA, dua langkah, berpendingin sistem kipas, kapasitas silinder 250 cc, bahan bakar bensin. Kekuatan maksimum 10 tenaga kuda. Kecepatan maksimum 65 km/jam (spesifikasi dari katalog). Maksimum muatan 300 kg, berat kosong 350 kg.
Variasi model berdasarkan model DK: DKA (model awal), DKII, DSV (bagian belakang dibuat kotak), DSAP (kapasitas 2 tempat duduk).
2. Model MP
Model MP mulai dijual bulan Oktober 1959. Bagian hidung sebelah dalam menjadi bagian dari ruang pengemudi, dan bentuknya lebih manis dan halus dibandingkan model DK. Model MP mulai menggunakan stir bundar sehingga lebih mudah dikendarai. Ukuran lebih besar dibandingkan model sebelumnya, panjang keseluruhan: 2.970 mm, lebar keseluruhan: 1.295 mm, dan tinggi keseluruhan: 1.455 mm. Kapasitas tempat duduk: 2 orang. Mesin yang digunakan adalah tipe ZA, dan tipe ZD untuk Midget tipe III (kapasitas silinder: 305 cc, kekuatan maksimum 12 tenaga kuda).
Model yang diproduksi: Tipe II (mesin tipe ZA), Tipe III (mesin tipe ZD).
3. Daihatsu Midget II
Pada tahun 1996-2001, Daihatsu kembali memproduksi Midget. Tapi modelnya sangat berbeda dibandingkan Daihatsu Midget generasi sebelumnya. Midget model terakhir ini sudah berbentuk seperti mobil modern. Beroda empat, memakai setir, dan bermesin empat langkah. Midget II ini digolongkan sebagai Kei Car (mobil kecil). Kapasitas mesinnya kecil. Cuma 660 cc. Disesuaikan dengan regulasi Kei Car dari pemerintah Jepang. Mesinnya juga memakai injeksi.
No comments:
Post a Comment