Saturday, May 9, 2015

Suzuki APV Bakal Dikasih SRS Airbag

Suzuki APV

Suzuki APV, minibus buatan Suzuki ini sudah meluncur lebih dari 10 tahun di Indonesia. Mobil ini pun sudah diekspor ke seluruh dunia. Sudah waktunya APV diberi fitur SRS airbag seperti mobil lainnya. Bahkan pada model Mega Carry atau APV pick up pun sudah ada airbagnya.

"Kita di pikap sudah mulai pakai airbag, di APV passenger sedang kita siapkan," kata Makmur, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta. Makmur juga menjelaskan kalau tidak ada halangan akan diluncurkan tahun ini atau paling lambat meluncur tahun depan.

Pada situs Kementerian perindustrian, SIS mendaftarkan Suzuki APV dengan SRS airbag dengan kode GC 415 (4x2) M/T (Airbag). Kode GC 415 adalah kode buat APV. Sedangkan tulisan airbag dalam kurung berarti APV itu nantinya akan dilengkapi salah satu fitur keselamatan itu.

Belakangan ini, konsumen menuntut bahwa mobil yang dibelinya semakin aman. Karena itu, mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia pun dilengkapi beberapa fitur keselamatan. Yang paling umum adalah fitur SRS airbag yang bisa ditemui di mobil-mobil produksi tahun 2013 ke atas. Walaupun begitu, belum semua mobil dilengkapi fitur itu. Terutama buat mobil niaga (minibus dan pick up) dan mobil murah (LCGC).

Sedangkan pemerintah sendiri belum mewajibkan mobil-mobil di Indonesia dilengkapi airbag. Cuma diwajibkan dilengkapi sabuk pengaman di jok depan.

No comments:

Post a Comment