Friday, May 1, 2015

Toyota Corolla Akan Kembali Diproduksi di Indonesia

Toyota Corolla
Toyota Corolla Altis
Toyota Corolla, sedan legendaris produksi Toyota itu pernah dirakit di Indonesia sejak tahun 1970-an. Tapi sejak kemunculan Toyota Corolla Altis pada tahun 2001, produksinya beralih ke Thailand. Alasannya karena dampak krisis ekonomi. Kini Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mempelajari kemungkinan kembali merakit Corolla.

"Toyota Corolla Altis saat ini dibuat di Thailand, kalau dilihat harus dipertimbangkan skala ekonomi, skala bisnisnya. Dulu pernah diproduksi di kami, tapi karena krismon (krisis moneter) kemudian dipindah," jelas I Made Dana Tangkas, Direktur TMMIN di Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Idealnya agar terjadi BEP (break even point), jumlah produksi mencapai 100.000 unit per tahun. Tapi dengan produksi minimal 50.000 unit ternyata juga bisa. Toyota Corolla Altis jika jadi dirakit, akan memanfaatkan pabrik TMMIN di Karawang yang khusus memproduksi mobil sedan. Pabrik itu sendiri punya kapasitas produksi sampai 120.000 unit per tahun. Kini pabrik itu merakit Toyota Vios, Limo, Etios Valco, dan Yaris.

"Pabrik kedua TMMIN fasilitas produksinya memang lebih cocok untuk model-model dengan struktur (platform) monokok, sedangkan pabrik pertama tipe sasis (frame). Harus dipelajari dulu nanti," tukas Made.

Toyota Corolla sendiri sudah mencapai generasi ke 14. Sedangkan buat versi Corolla Altis, sudah menginjak generasi ketiga. Toyota Corolla nggak cuma dirakit di Thailand.Tapi juga diproduksi di Jepang, Brasil, Kanada, China, India, Pakistan, Afrika Selatan, Taiwan, Vietnam, Turki dan Venezuela.

No comments:

Post a Comment