Monday, April 20, 2015

Beberapa Sepeda Motor Buatan Indonesia Yang Diekspor ke Luar Negeri

Indonesia nggak cuma jadi pengimpor kendaraan aja. Negara kita ini juga mampu memenuhi kebutuhan akan transportasi dengan memproduksinya sendiri. Bahkan juga sanggup mengekspornya ke luar negeri. Selain mobil, motor pun juga mampu diekspor ke luar negeri. Berikut beberapa motor buatan Indonesia yang diekspor ke luar negeri :
  • Yamaha YZF R25 dan YZF R3
yamaha yzf r3

Yamaha YZF R25 ini dibuat PT Yamaha Motor Indonesia. Motor ini berjenis sport dengan kapasitas mesin 249 cc. Selain itu, motor ini juga punya kembaran dengan mesin 321 cc yang dinamai Yamaha YZF R3.
Yamaha YZF R25 dan YZF R3 ini diekspor ke seluruh dunia, termasuk Eropa dan Jepang.
  • Suzuki Address
Suzuki Address

Suzuki Address diproduksi PT Indomobil Suzuki International. Suzuki Address ini berjenis skuter matik. Jenis motor yang paling digemari masyarakat Eropa. Mesinnya berkapasitas 110 cc. Suzuki Address ini juga diekspor ke seluruh dunia, termasuk kawasan Eropa.
  • Kawasaki Ninja RR Mono
Kawasaki Ninja RR Mono

Kawasaki Ninja RR Mono itu diproduksi PT Kawasaki Motor Indonesia. Kawasaki Ninja ini berjenis sport dengan mesin 250 cc. Diekspor ke beberapa negara maju dan berkembang. Aku pernah melihat motor ini di salah satu website Inggris. Kayaknya motor ini juga dijual ke sana.
  • TVS
TVS

TVS, pabrikan motor asal India ini juga nggak mau ketinggalan mengekspor motornya dari Indonesia. Kalo TVS di India cuma membuat motor jenis sport (batangan/laki), di Indonesia TVS justru memproduksi motor bebek dan skutik (skuter matik). TVS pun mengekspornya hingga ke Amerika Selatan dan Afrika. Tipe yang diekspor adalah TVS Dazz, TVS Max, dan TVS Tormax.

Sekarang aku merindukan motor nasional yang murni buatan negeri sendiri. Mereknya dari Indonesia, mayoritas pemegang sahamnya orang Indonesia, dan diproduksi oleh karyawan-karyawan Indonesia. Komponennya juga 80-90% lokal. Merek-merek yang aku sebutin tadi, semuanya dari negara lain. Indonesia cuma jadi tempat pabriknya aja.

No comments:

Post a Comment