Monday, April 13, 2015

Cari Mobil Baru? Perhatikan Hal Ini

Ketika kita ingin membeli mobil baru, kadang kita dibingungkan dengan pilihan yang begitu banyak. Dalam satu merek ada beberapa jenis mobil. Dalam satu jenis mobil pun juga ada beberapa merek. Agar nggak bingung, atau malah kecewa ketika membelinya, berikut ini yang harus diperhatikan :
  • Kemampuan keuangan
Cek dulu berapa uang ada. Jangan membeli mobil yang lebih mahal dari kemampuan Anda. Belilah mobil yang harganya di bawah jumlah uang yang dimiliki agar tetap ada tabungan. Jika ingin membeli dengan mencicil, hitung cicilannya. Sebaiknya jumlah cicilan itu maksimal 30% dari jumlah penghasilan tiap bulannya.
  • Perhatikan Kebutuhan
Kita juga harus tahu kebutuhan kita terhadap mobil. Jika kita membeli mobil untuk keperluan bisnis, maka disarankan untuk membeli kendaraan niaga seperti pick-up, minibus, atau truk. Tapi kalo mobil itu buat
keperluan pribadi atau keluarga, maka lebih baik beli mobil khusus penumpang seperti sedan, MPV, atau SUV. Kapasitas penumpang mobil itu juga harus pas dengan kebutuhan.
  • Biaya perawatan dan kebutuhan bahan bakar
Kita juga harus membandingkan biaya perawatan mobil itu. Biasanya biaya perawatan mobil itu sudah tercantum di situs produsennya. Atau bisa juga tanyakan langsung ke bengkel resminya. Mobil juga harus punya konsumsi bahan bakar yang irit. Untuk hal ini, rekomendasi terbaik adalah mobil bermerek Jepang seperti Toyota, Honda, Suzuki atau Daihatsu karena mobil Jepang menang dalam 2 aspek ini.
  • Jaringan yang luas
Produsen mobil itu juga harus punya jaringan penjualan dan bengkel resmi yang luas. Selain itu juga harus menyebar sampai ke kota-kota kecil. Agar memudahkan kita dalam merawat mobil kita. Untuk rekomendasi, lagi-lagi mobil merek Jepang paling direkomendasikan dalam hal ini karena jaringannya paling luas dibandingkan merek dari negara lain.
  • Pajak
Soal pajak tahunan juga harus dihitung. Nggak boleh memberatkan keuangan. Biasanya mobil bermesin kecil pajaknya lebih murah daripada mobil bermesin besar. Harga juga berbanding lurus dengan jumlah pajak yang dibayar.
  • Harga jual kembali
Mobil juga harus punya harga jual kembali yang tinggi. Selisihnya tidak boleh terlalu jauh dari harga barunya. Untuk harga jual kembali, kita bisa mencarinya di internet. Atau yang lebih gampang, lihat aja populasinya di jalan. Kalo mobil itu punya populasi yang banyak, berarti mobil itu punya harga jual kembali yang tinggi. Merek Jepang biasanya punya keunggulan dalam hal ini dibandingkan merek lainnya.
  • Kemampuan menawar
Kita harus punya kemampuan menawar dalam membeli mobil baru. Kita bisa meminta diskon kepada salesnya. Usahakan kita dapat diskon yang besar plus bonus lain seperti bonus aksesori yang banyak.
  •  Gengsi
Rasa gengsi itu ternyata juga mempengaruhi keputusan membeli mobil baru. Kalo kemampuan keuangan masih minim, kalahkan dulu rasa gengsi kita. Jangan menyaingi mobil baru milik teman atau tetangga kalo nggak mampu. Kita baru bisa membeli mobil berdasarkan gengsi kalo keuangannya udah memadai (jadi kaya raya).




No comments:

Post a Comment