Monday, April 13, 2015

Lima Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Mengendarai Motor Matik

Mengendarai motor matik emang gampang dan menyenangkan. Tapi beberapa pengendara motor matik biasanya kurang memperhatikan posisi berkendara mereka sudah benar atau belum.

Mungkin dari beberapa pengendara motor matik belum banyak yang mengetahui bahwa mengendarai sepeda motor harus memperhatikan hal-hal kecil, salah satunya adalah posisi anggota tubuh dalam menjaga keselamatan berkendara. Misalnya posisi tangan, posisi kaki, dan posisi duduk harus tetap aman dan
nyaman.
Agar keselamatan berkendara kita tetap terjamin, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan pengendara motor matik :
  • Posisi tangan
Posisi tangan saat mengendarai sepeda motor yang benar adalah dengan mengepal di setang. Jangan sampai ada jari tangan yang keluar dari kepalan. Memang, masih banyak pengendara motor matik yang menganggap bahwa beberapa jari yang stand-by di tuas rem atau kopling bisa menghasilkan reflek yang baik. Tapi sebenarnya itu salah, bahkan bisa menyebabkan hilang kontrol.
  • Jari jangan terus menempel di tuas rem
Buat pengendara motor matik yang masih suka menempelkan sebagian jari di tuas rem, kemungkinan pengendara akan dengan cepat menarik tuas rem itu. Padahal selain cara ini tidak diperlukan, kondisi juga membuat lampu rem di belakang akan menyala. Kampas rem dan bensin juga jadi boros.
  • Posisi kaki
Penting juga bahwa saat melakukan manuver, sebaiknya posisi kaki berada di dalam dek. Jadi, tidak ada bagian kaki yang keluar dari dek. Jaga posisi lutut agar tidak keluar dari dek guna menghindari terjangan benda-benda berlawanan arah.
  • Posisi tangan sesuaikan dengan situasi
Kalau pengendara motor matik tidak memfungsikan sesuatu, sebaiknya tangan tetap mengepal di setang agar pengendalian tetap maksimal. Kalau ingin memfungsikan sesuatu seperti rem, lampu sein, lampu beam dan klakson, baru keluarkan jari dari kepalan.
  • Gunakan instrumen seperlunya
Banyak dijumpai juga pengendara motor yang lupa mematikan lampu sein. Sehingga lampu sein tetap menyala walaupun motor tidak sedang berbelok. Hal ini membuat pengendara di belakangnya jadi bingung. Jadi jangan lupa untuk mematikan lampu sein kembali setelah berbelok. Agar nggak bikin pengendara di belakangnya jadi bingung.

Demikian lima hal penting yang harus diperhatikan ketika mengendarai motor matik. Keselamatan kita di jalan bergantung kepada kita sendiri.

Sumber artikel : matickita.com


No comments:

Post a Comment