Saturday, April 25, 2015

Honda Mobilio, Mobil Impianku

Honda Mobilio

Honda Mobilio, mobil yang populasinya cukup banyak di Indonesia. Aku pingin punya mobil ini. Suka modelnya soalnya. Selain itu, Honda dikenal sebagai pembuat mobil yang paling berkualitas dibandingkan merek Jepang lain. Aku sendiri suka sama Honda Mobilio putih.

Honda Mobilio diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor tahun 2014. Berbasis mobil hatchback Honda Brio, Honda Mobilio dikembangkan sebagai mobil MPV 7 tempat duduk. Honda Mobilio dibuat untuk
menjadi volume maker bagi Honda. Dirancang sebagai mobil dengan harga yang terjangkau. Dan terbukti bahwa Honda Mobilio menjadi mobil Honda yang paling laku sebelum penjualannya disalip oleh Honda HRV.
Honda Mobilio memakai mesin yang sama dengan Honda Jazz dan Honda HRV. Bermesin 1.500 cc. Honda sendiri sering mengadakan lomba irit bensin dengan Honda Mobilio. Konsumsi bensinnya sendiri selalu menembus angka di atas 1:20. Irit banget kalo dibandingkan dengan mobil lain.

Honda Mobilio juga dirancang sebagai mobil yang aman buat penggunanya. Untuk semua tipe, Mobilio dilengkapi  dual airbag, seatbelt, impact mitigating headrest dan proteksi pejalan kaki. Sedangkan untuk tipe E CVT, RS manual, dan RS CVT, Honda Mobilio juga dilengkapi ABS dan EBD. Honda Mobilio sendiri belum pernah ada hasil tes tabraknya di lembaga manapun. Tapi melihat track record produk Honda lainnya yang selalu meraih empat dan lima bintang dari tes tabrak standar NCAP (standar internasional untuk tes tabrak), aku percaya kalo Mobilio ini aman kayak mobil Honda lainnya.

Honda Mobilio di Indonesia sendiri merupakan generasi kedua. Honda Mobilio generasi pertama cuma dijual di Jepang. Bentuknya mengotak dan ukurannya kecil. Nggak kayak Mobilio yang sekarang. Honda Mobiliio generasi pertama kemudian digantikan oleh Honda Freed. Honda Freed sendiri masih diproduksi sampai sekarang.

Honda Mobilio
Honda Mobilio generasi pertama
Honda Mobilio dibagi jadi beberapa tipe. Untuk pasar Indonesia, tipenya adalah :
  • Tipe S manual
  • Tipe E manual
  • Tipe E CVT
  • Tipe E CVT Prestige
  • Tipe RS manual
  • Tipe RS CVT
Sedangkan yang ini spesifikasinya :
  • Tipe S dan E :
Honda Mobilio
  •  Tipe RS :
Honda Mobilio

Honda Mobilio nggak cuma dibuat dan dijual di Indonesia. Mobilio juga dibikin di India dan Thailand. Tapi Indonesia yang pertama kali membuat sekaligus meluncurkannya untuk pasar global. Selain mesin bensin, Honda Mobilio juga dijual dengan mesin diesel. Tapi cuma ada di India karena orang India sendiri sangat menggemari mobil bermesin diesel.

Harga bekas Honda Mobilio ternyata nggak turun banyak. Harga minimal untuk Mobilio bekas mencapai Rp 170 jutaan untuk tahun 2014. Di pasar mobil bekas sendiri, konsumen juga lebih menggemari Honda Mobilio dibandingkan mobil MPV lainnya..

Ada beberapa perusahaan yang menjadikan Honda Mobilio sebagai taksi. Taksi Honda Mobilio dapat dijumpai di Semarang dan Yogya.
 
Semoga pada tahun ini aku bisa beli Honda Mobilio baru. Langsung dari dealernya. Nggak beli bekas.

No comments:

Post a Comment