Saturday, April 25, 2015

Kawasaki Ninja 150, Satu-satunya Motor Dua Langkah yang Masih Diproduksi Sampai Sekarang

Kawasaki Ninja 150
Kawasaki Ninja 150RR
Kawasaki Ninja 150 adalah motor dua tak yang dibikin oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Ketika motor 2 tak sekelas seperti Honda NSR atau Yamaha RX-Z nggak diproduksi lagi sejak tahun 1990-an, Kawasaki Ninja 150 masih langgeng sampai sekarang. Bahkan menjadi backbone penjualan Kawasaki Indonesia.

Jaman sekarang, banyak motor dua tak yang udah nggak diproduksi lagi. Pabrikan yang biasa membuatnya pun udah nggak bikin motornya lagi. Alasan utamanya karena tuntutan lingkungan hidup. Sehingga standar emisi pun semakin ketat. Produsen motor pun mengalihkan produksinya ke motor 4 tak yang dianggap lebih
ramah lingkungan.

Kawasaki sendiri adalah pabrikan motor satu-satunya yang berhasil menyesuaikan motor bermesin 2 tak dengan standar emisi yang ketat. Buktinya ada pada Kawasaki Ninja 150 ini. Walaupun mesinnya masih dua langkah, tapi udah sesuai standar Euro 2. Pada tahun 2015 ini PT KMI sempat ada rencana untuk menghentikan produksinya karena standar emisi yang naik ke Euro 3. Tapi karena angka penjualan yang terus bertambah, mau nggak mau membuat Kawasaki mengubah rencananya. Kawasaki Ninja 150 pun akan disesuaikan dengan standar baru dari Kementerian Lingkungan Hidup itu.

Sebetulnya Kawasaki sendiri punya pengganti Kawasaki Ninja 150 kalo udah nggak diproduksi lagi. Yaitu Kawasaki Z250SL buat pengganti Kawasaki Ninja 150SS dan Ninja 150R, serta Kawasaki Ninja RR Mono buat pengganti Ninja 150RR. Kedua motor pengganti ini bermesin 4 langkah. Walaupun mesinnya empat tak, motor ini tetap dibuat kencang dan lincah kayak Kawasaki Ninja 2 tak. Mesin Z250SL dan RR Mono ini pake mesin yang sama. Bermesin 250 cc silinder tunggal. Malah ada isu lagi kalo Kawasaki akan mengeluarkan Kawasaki Ninja 150 4 tak. Tapi isu itu hilang dengan sendirinya ketika Kawasaki tetap akan membuat Kawasaki Ninja 2 tak.

Selain itu, KMI juga membuat edisi terbatas sebagai edisi perpisahannya. Yaitu Kawasaki Ninja 150 Special Edition (SE). Entah apa motor edisi khusus ini tetap akan dibikin atau nggak.

Kawasaki Ninja 150 terdiri dari 3 tipe, Kawasaki Ninja 150RR, Kawasaki Ninja 150R, dan Kawasaki Ninja 150SS. Kawasaki Ninja 150 diproduksi di Indonesia sejak tahun 1996 ketika motor dua tak masih jaya-jayanya. Pesaing sekelasnya adalah Honda NSR, Suzuki RGR, dan Yamaha RXZ. Sekarang ketiga motor itu nggak diproduksi lagi.

Pada tahun 2002, KMI mengimpor Kawasaki Ninja 150 jenis baru dari Thailand. Motor itu adalah Kawasaki Ninja 150RR. Motor ini dilengkapi teknologi Super KIPS, lebih maju dari Kawasaki Ninja 150 model sebelumnya yang berteknologi KIS. Kawasaki Ninja 150RR dilengkapi fairing sehingga tampak lebih sporty. Sekarang Kawasaki mengalihkan produksi Ninja 150RR ke Indonesia.

Karena standar emisi Euro 2 yang diberlakukan tahun 2005, teknologi Super KIPS pun menggantikan teknologi KIS pada Kawasaki Ninja 150. Selain itu juga dilengkapi dengan catalytic converter dan HSAS.

Apa teknologi baru yang diterapkan pada Kawasaki Ninja 150 untuk mengantisipasi standar Euro 3? Kita lihat aja nanti.






No comments:

Post a Comment