Tuesday, April 21, 2015

6 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Pengemudi Pemula

pengemudi pemula

Bisa menyetir itu emang menyenangkan. Happy banget rasanya kalo udah bisa nyetir sendiri. Aku juga pingin bisa nyetir mobil. Tapi biasanya pengemudi pemula itu sering melakukan kesalahan. Karena itu tahap mengemudi yang paing sering kecelakaan adalah pengemudi pemula. Berikut beberapa kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh pengemudi yang baru bisa mengendarai mobil atau disebut pengemudi pemula :
  1. Terburu-buru dalam menyetir. Karena mungkin terlalu bersemangat dalam menyetir, jadinya sering terburu-buru dan ngebut. Akibatnya sering nabrak.
  2. Nggak fokus dalam menyetir karena terlalu asyik mendengarkan musik, menonton TV atau ngobrol sambil menyetir.
  3. Gampang panik dan kagetan. Kadang-kadang cuma gara-gara klakson dari mobil lain aja jadi kaget, kemudian arah mobil jadi berubah. Akibatnya meningkat jadi kepanikan.
  4. Kesalahan dalam posisi duduk. Jok disetel terlalu maju atau mundur. Kadang-kadang nggak mudeng juga dalam menyetel posisi setir. Akibatnya selain nggak nyaman, juga sulit mengontrol mobil.
  5. Barang ditaruh sembarangan. Barang-barang sering ditaruh di atas dasbor. Padahal dasbor mobil jaman sekarang nggak dirancang untuk menaruh barang di bagian atas dasbor. Barang-barang yang diperlukan sebaiknya ditaruh di dalam laci dasbor, kotak konsol di samping jok, atau di bagasi.
  6. Mengantuk atau mabuk.
Seiring pengalaman, kesalahan-kesalahan ini akan berkurang dengan sendirinya. Maka kita perlu juga menambah jam terbang kita dalam menyetir untuk belajar dari kesalahan dan menguranginya.

No comments:

Post a Comment