Thursday, April 30, 2015

Toyota Avanza Nggak Diciptakan Buat Jadi Yang Terlaris

Toyota Avanza

Toyota Avanza nggak bisa dipungkiri menjadi mobil terlaris sejak tahun pertamanya. Inilah bukti model berpenggerak roda belakang ini digemari masyarakat. Sejak akhir 2003, Toyota Avanza udah terjual sampai 1.308.183 unit sampai Maret 2015. Avanza sah dikatakan fenomenal, rekor itu  masih sulit dikalahkan dalam jangka waktu dekat bahkan oleh "saudara kembarnya" Daihatsu Xenia.

Menurut GM Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati Soedigdo atau yang akrab disapa Wiwid, Toyota Avanza pada mulanya nggak diciptakan buat jadi mobil terlaris.tarhet penjualan pertamanya cuma 2.500 unit per bulan. Tapi karena permintaan yang luar biasa, sempat terjadi inden hingga setahun lebih. "Tapi ternyata cukup sukses, selama life cycle, 10.000 unit per bulan," ungkapnya di Jakarta, Kamis (30/4/2015).

Menginjak generasi kedua, mulai muncul banyak pesaing. Tapi target belum berubah. Tetap 10.000 unit per bulan. Sampai sekarang pun jumlah produksinya masih belum berubah. Walaupun mulai banyak pesaing, Avanza tetap menjadi mobil terlaris di kelasnya. Malah menjadi yang terlaris di Indonesia. Bahkan Wiwid mengatakan, karena populasinya, Toyota Avanza sanggup membuat negara sendiri.

Bahkan, saking banyaknya populasi Avanza, kata Wiwid, jika pemilik Avanza ketika ketemu saling menyapa dengan membunyikan klakson, bisa dibayangkan kebisingannya seperti apa. "Saking banyaknya kalau sama-sama pengguna Avanza ketemu dan saling membunyikan klakson bisa jadi tahun baru setiap hari," ujar Wiwid.

Karena populasinya juga, julukan mobil sejuta umat yang semula melekat pada Toyota Kijang pun beralih ke Toyota Avanza. Walaupun dalam iklan Avanza generasi kedua, Toyota udah membuat tagline "Mobil Sejuta Impian". 

Daihatsu selaku produsen Toyota Avanza sendiri sedang merancang MPV yang kelasnya di bawah Avanza-Xenia. Mobil yang baru ada di divisi R&D Astra Daihatsu ini akan dimasukkan dalam skema LCGC (Low Cost & Green Car) atau mobil murah ramah lingkungan. Biar harganya terjangkau.

No comments:

Post a Comment