Tuesday, April 14, 2015

Manfaat Memasang Sabuk Pengaman Ketika Duduk Di Belakang

sabuk pengaman

Memakai sabuk pengaman emang rasanya nggak nyaman. Jadi banyak orang yang malas memakainya kalo nggak diwajibkan. Termasuk ketika duduk di belakang. Karena nggak ada aturan tentang pemakaian sabuk pengaman di jok belakang, banyak orang yang nggak pakai.

Padahal banyak penumpang belakang yang terlempar ketika duduk di jok belakang ketika mobil itu mengalami kecelakaan karena nggak pakai sabuk pengaman. Seperti kecelakaan yang menewaskan istri pedangdut Saiful Jamil atau kecelakaan Suzuki Ertiga yang terbalik di tol Jagorawi. Semua penumpang jok belakang terlempar keluar mobil karena nggak pakai sabuk pengaman.

Menggunakan sabuk pengaman selama ini memang belum menjadi hal yang diwajibkan menurut undang-undang.“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan,” bunyi UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Pasal 106 ayat 6.

Tidak disebutkan mengenai kewajiban mengenakan sabuk pengaman di belakang. Faktanya, 70 persen orang dewasa yang duduk di kursi belakang jarang menggunakan sabuk pengaman. Tetapi menggunakan sabuk pengaman bisa mengurangi angka kematian.

“Dalam kecelakaan fatal di 2012, 79 persen penumpang yang secara total terlempar dari mobil mengalami kematian,” ujar juru bicara Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional Amerika Serikat atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) seperti dikutip Detikoto dari CBS.

Menggunakan sabuk pengaman, seperti pernah disampaikan produsen mobil, merupakan cara sederhana untuk menyelamatkan nyawa dan mengurangi risiko cedera dari kecelakaan. Jadi meski duduk di belakang, tetap pasang sabuk pengaman, sampai bunyi klik.

Bayi dan balita juga sebaiknya ditempatkan di jok khusus bayi. Jok bayi itu ditaruh di jok belakang. Demi keamanan anak kita. Beberapa mobil dilengkapi pengait khusus jok bayi yang dinamakan ISOFIX. Biar jok bayi lebih aman dan kuat. Bahkan di luar negeri, peraturan seperti itu diwajibkan. Nggak seperti di negara kita.

Maka buat keamanan, pakailah sabuk pengaman walaupun duduk di belakang. Bayi juga didudukkan di jok khusus di belakang dan diikat dengan sabuk pengaman juga. Buat keamanan kita dan keluarga kita.

Sumber artikel : Detikoto

No comments:

Post a Comment