Thursday, April 23, 2015

HondaJet, Pesawat Jet Penumpang Pertama Honda

HondaJet

Honda yang selama ini dikenal sebagai pembuat mobil dan motor terkemuka, mulai memperluas divisi bisnisnya, Honda Aircraft Company yang berkantor pusat di Amerika Serikat (AS). Honda Aircraft Company ini memperkenalkan pesawat jet pertamanya, HondaJet. Rencananya HondaJet ini akan dipasarkan pada musim panas tahun ini.

HondaJet merupakan impian lama pendiri Honda, Soichiro Honda. Dari yang semula membuat motor, kemudian mobil. Barulah setelah itu bikin pesawat. Impian yang bertahap dan butuh waktu lama. Setelah
pendirinya meninggal, baru sekarang Honda bisa bikin pesawat jet.
Pesawat dengan tipe HondaJet HA-420 ini memakan waktu riset 20 tahun. Lama juga ya... Setelah diperkenalkan di bandara Haneda, Tokyo, HondaJet HA-420 ini akan diterbangkan ke beberapa negara kayak Swiss, Inggris, Perancis, dan Jerman.

Pesawat ini mampu terbang sampai 2.000 km tanpa mengisi bahan bakar. Yang berarti sama dengan jarak dari Los Angeles ke Denver atau dari London ke Roma. Kalo di Indonesia, berarti terbang dari Jakarta ke Banda Aceh atau Jakarta-Balikpapan. Lumayan jauh juga jangkauannya.

HondaJet ini dipasarkan dengan harga 4,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 58 miliar untuk model standar dan belum termasuk pajak. Harga yang lumayan terjangkau buat sebuat pesawat pribadi. Pasar yang disasar adalah perusahaan carter atau para konglomerat yang membutuhkan pesawat pribadi.

Apa di Indonesia ada orang yang membelinya?


No comments:

Post a Comment