Sunday, April 19, 2015

7 Tips Merawat Mesin Mobil Yang Bisa Dilakukan Sendiri

tips merawat mobil

Kita membeli mobil baru pasti karena macem-macem tujuan. Ada yang buat berbisnis, ada yang buat dipakai sendiri. Tapi ada yang juga buat keperluan keluarga. Kalo kita memiliki sesuatu, kita juga wajib merawatnya. Begitu juga kalo punya mobil, harus dirawat biar mobilnya awet dan enak dipakai. Selain perawatan berkala di bengkel, kita juga bisa merawat sendiri mobil kita. Khususnya di bagian mesin yang dianggap paling rumit selama ini. Begini 7 tips merawat mesin mobil yang bisa dilakukan sendiri dari PT Honda Prospect Motor :
  1. Mengecek oli sendiri dengan mengangkat dipstik di ruang mesin. Kalo olinya ada di bawah tanda min di dipstik, tambahi sampai olinya di antara tanda min dan max. Periksa kebocoran oli dengan mengecek mesin dan lantai di bawah mobil.
  2. Memeriksa air radiator dengan mengecek tabung air radiator di ruang mesin. Kalo kurang, tambahi sampai penuh. Pemeriksaan ini harus dilakukan ketika mesin dalam kondisi dingin. Kalo tutup air radiator dibuka pada kondisi panas, akan berbahaya buat tubuh kita. Air panas bersuhu 100 derajat Celcius dari radiator bakal muncrat ke tubuh kita.
  3. Air wiper juga harus diperiksa. Periksa tingkat kepenuhannya di tabung air wiper. Kalo kurang, penuhi airnya dengan air murni/sulingan atau air wiper khusus.
  4. Pemeriksaan aki. Periksa kebersihannya. Cegah aki berkarat dengan sedikit grease. Gerakkan kabel aki untuk memeriksa kekencangan konektor. Jika terdapat gerakan pada konektor kabel, kencangkan dengan menggunakan kunci. Periksa ketinggian level air aki, harus berada pada level min dan max. (level air tertera pada sisi samping aki), penambahan air aki disesuaikan dengan spesifikasi masing-masing aki. Periksa indikator aki.
  5. Periksa oli rem dengan memantaunya di tabung oli rem. Tambahi kalo di bawah tanda min. Oli rem juga harus sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan pabrikan mobil. Hati-hati jangan sampai oli rem tumpah ke bodi kendaraan, bersihkan dengan air jika oli rem menetes pada bodi.
  6. Periksa minyak power steering dengan melihatnya di tabung reservoir. Tambahi kalo di bawah tanda min. Periksa kebocorannya di pompa power steering dan rack/batang penerus steering ke roda dari tanda basah oli. Minyak power steering harus berwarna keemasan. Kalo hitam, berarti kotor. Harus diganti.
  7. Pemeriksaan AC. Hidupkan mesin, kondisikan temperatur max dingin dan max blower. Buka jendela depan kanan dan kiri. Periksa kipas pendingin kondensor harus berputar, kemudian periksa sign glass kondisi tidak boleh terdapat buih udara. (Sign glass adalah kaca transparan yang terdapat pada pipa AC untuk melihat refrigerant). Periksa suhu hembusan angin pada kabin dengan tangan.


1 comment:

  1. nice impoh gan..
    jadi galau nih antara beli mobil bekas atau mobil baru ertiga
    ada saran mungkin ?

    ReplyDelete