Friday, May 1, 2015

Pentingnya Tutup Pentil Pada ban

tutup pentil

Banyak orang yang meremehkan keberadaan tutup pentil pada ban. Bahkan ada yang tetap berkendara walaupun tutup pentilnya hilang. Sales Training Manager PT Goodyear Indonesia Tbk, Andry Adam menjelaskan, jangan sekali-kali meremehkan tutup karena bisa menyebabkan ban rusak. "Banyak sekali pengendara yang tidak mengetahui betapa pentingnya sebuah tutup pentil. Ada yang tahu kira-kira apa yang terjadi jika tutup pentil tidak terpasang, dan pengendara tetap nekat berkendara?" tanya Andry.

Menurut Andry, keberadaan tutup pentil sangat penting buat sebuah ban. Benda kecil ini sering dianggap hanya sebagai penutup katup masuknya tekanan angin pada ban saat pengisian. Padahal nggak cuma itu fungsinya. Tutup pentil ban juga berfungsi agar ban nggak cepat kempes karena angin yang cepat keluar. Selain itu juga mencegah kotoran masuk ke dalam ban. Ban pun jadi lebih awet.

Tutup pentil biasanya memiliki klep karet yang memberikan pelindung sekunder untuk mencegah angin keluar. "Karet ini berfungsi untuk mencegah angin keluar. Lalu bayangkan jika tutup pentil tidak terpasang, bukan hanya angin yang bakal keluar. Kotoran pun akan masuk kedalam lubang pentil dan bisa berkerak.  Dan saat ban kurang angin dan pengendara melakukan pengisian tekanan angin kembali. Akan kemana kotoran itu? Iya betul sekali, kotoran akan masuk kedalam ban. Dan ini bisa membuat ban menjadi tidak awet," katanya. Ujarnya lagi, tutup pentil juga berfungsi buat menjaga hawa lembab yang masuk kedalam ban.

Kadang-kadang, ada polisi yang suka merazia tutup pentil ban. Kalo ban kendaraan nggak ada tutup pentil, pasti kena tilang deh. Jadi jagalah tutup pentil ya.......

Sumber artikel dan foto : detikoto

No comments:

Post a Comment