Sunday, May 10, 2015

Pengendara Sepeda Motor Harus Melakukan Pemanasan Sebelum Berkendara

Pemanasan dan pelenturan otot nggak cuma dilakukan sebelum berolahraga. Pengendara sepeda motor pun juga harus melakukannya. Terutama sebelum berkendara. Ada beberapa gerakan yang dibutuhkan buat meningkatkan kesadaran, memaksimalkan koordinasi fungsi tubuh dan otak.

"Sangat tidak baik jika seketika setelah bangun tidur langsung mengendarai sepeda motor. Seharusnya terlebih dahulu melakukan pelenturan badan secukupnya, sadarkan diri sepenuhnya, kemudian baru kendarai kendaraan," ujar Umum Santoro Trainer Safety Riding Center di Yogyakarta, Minggu.

Pemanasan yang dilakukan sangat sederhana. Cuma dengan  mengerakkan sedikit kepala kekanan kekiri, kemudian secara berurutan menggerakkan pundak, tangan dan selanjutnya kaki. "Harusnya ada sedikit jeda atau transisi ketika kita akan memindahkan tubuh kita dari posisi statis ke posisi bergerak, dengan secara perlahan lahan dan bertahap. Jika tidak seperti itu, maka akan menyebabkan koordinasi tubuh berantakan karena kaget, atau aliran darah belum lancar, sehingga kehilangan konsentrasi dan kemampuan berpikir yang lemah," tandas Umum.

Dengan melakukan pemanasan sebelum berkendara sepeda motor, pengendara telah mengurangi 50 persen faktor penyebab kecelakaan yang berasal dari dalam diri. Manfaat pemanasan juga agar analisa terhadap situasi menjadi lebih tajam. Apa yang harus dilakukan menjadi benar dan keputusan akhir harus berbuat dalam suatu situasi menjadi sempurna.

"Ketenangan, konsentrasi dan kemampuan harus dirawat dengan baik. 50 persen kecelakaan disebabkan oleh analisa dan konsentrasi yang buruk. Jika analisa saja sudah buruk bagaimana dengan tindakannya, bisa lebih parah," jelas Umum.

No comments:

Post a Comment