Friday, May 1, 2015

Buruh Berdemo dengan Motor Mahal

buruh
Buruh yang berdemo dengan sepeda motor berharga mahal
Tanggal 1 Mei adalah hari libur nasional. Libur nasional itu diperingati sebagai hari Buruh Internasional. Biasanya tanggal 1 Mei itu adalah hari demo nasional buat para buruh. Tuntutan buruh masih bersifat normatif, terkait dengan kesejahteraan.

Walaupun tuntutannya adalah kesejahteraan, sebetulnya buruh itu hidupnya sudah sejahtera. Lihat aja setiap mereka berdemo. Mereka selalu berdemo dengan menggunakan motor jenis terbaru. Bahkan ada yang motornya berharga di atas Rp 50 jutaan kayak Kawasaki Ninja dan Honda CBR.

buruh
Jadi bahan bully di Instagram (merdeka.com)
Walaupun mereka berdemo dengan motor mahal, tuntutan mereka malah dianggap makin nggak masuk akal oleh pengusaha. Bahkan terkesan umpak-umpakan (Jawa : ngelunjak). Misalnya, mereka menuntut adanya tunjangan hiburan, tunjangan make-up, dan tunjangan pulsa.

Padahal kita tahu sendiri, produktivitas buruh di Indonesia masih rendah. Coba aja kalo bekerja di Jepang, para buruh bekerja sampai malam hari. Berbeda dengan disini. Jam 5 sore aja udah minta pulang. Hal seperti ini membuat pengusaha semakin terbebani.

Makanya pengusaha yang punya modal banyak lebih memilih menggantikan buruh dengan mesin atau robot. Robot itu nggak banyak tuntutan. Berbeda kalau memperkerjakan manusia.

No comments:

Post a Comment